Searching...
Senin, 29 Agustus 2011

Akses Menuju Curug Malela "Little Niagara" Bandung

Banyak orang yang bilang kalo Curug Malela mirip dengan Niagara di Ontario, Canada
Memang ukuran Malela ini jauh lebih kecil dengan debit air yang juga jauh lebih sedikit. Namun, dilihat dari strukturnya bahwa Curug Malela ini memang layak dijuluki Niagara Mini.

PERJALANAN MENUJU CURUG MALELA

Pagi itu 21 September jam setengah 8 pagi saya berangkat dari soreang (Tempat tinggal saya saat di Bandung) menuju terminal leuwipanjang, sekitar satu jam kemudian saya udah nyampe di terminal leuwipanjang dan bertemu temen saya Rizky yang emang udah janjian ketemuan disana. Nah kita hari ini punya misi backpackeran ke curug malela / air terjun malela bandung. Setelah mengumpulkan informasi secukupnya mengenai perjalanan kesana di malam sebelumnya, akhirnya kita nekat berangkat kesana dengan informasi seadanya. Oiya ane bukan orang Bandung, Rizky juga bukan, tapi dia kuliah di STT Telkom Daerah Dayoehkolot Bandung jadi biar dikit2 dia ngerti lah bahasa Sunda, cuman tetep aja karena kita ngobrolnya pake bahasa Surabaya alhasil kita jadi korban penipuan mulu selama diperjalanan.

Perjalanan dimulai dengan Bus Madona berwarna biru dari terminal leuwipanjang ke cililin (Terminal Sindangkerta). Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 3 jam, harusnya kita turun di terminal sindangkerta dengan membayar Rp.7.000,- ke kernetnya, tapi penipuan pertama di pagi hari ini dimulai, kernetnya minta Rp.8000,- (okelah cuman beda seribu kok) tapi setelah 2 jam perjalanan, dia nyuruh kita turun dipinggir jalan, katanya lanjut naik elf "Bunijaya" aja kalo mau ke curug malela, sambil nunjuk elf bertuliskan "bunijaya" yang lagi ngetem tidak jauh dari situ, padahal terminal sendang kerta masih sekitar 1 jam perjalanan lagi dari situ. Berhubung tujuan kita selanjutnya memang desa Bunijaya dan kita gak tahu terminal sendangkerta itu masih jauh apa udah dekat, kita akhirnya percaya aja ama apa yg dibilang kernetnya, kita lalu turun dari bus madona n masuk kedalam elf "bunijaya" yg masih kosong.

Setelah setengah jam berlalu ternyata elf ini masih aja ngetem ga jalan2, kita mulai stres dan noleh kanan kiri sapa tau ada elf bunijaya lain yg lewat n ga hobby ngetem, tapi ga lama kemudian rupanya sopirnya mulai curiga ama kita yg punya niat kabur, akhirnya dia jalan juga, phiuuuuh akhirnya, tapi baru jalan 2Km dia brenti lagi didepan warung, sopirnya turun lalu nongkrong diwarung sambil ngeluarin "Iphone" dari kantong celananya "Buseeeeeeeeet ni sopir mainannya Iphone broooo" setelah kita tunggu 15 menit dia malah tambah tidur2an dikursi warung, kurang ajar ni orang ... kayaknya ni sopir ga ada niat cari uang deh, mungkin udah terlalu kaya kali dia, jadinya nyupir cman buat ngabisin waktu aja, ckckck... Akhirnya ane ama rizky sepakat turun dari elf, dengan gaya sok cuek, pasang tampang ga bersalah, kita turun n jalan menjauh dari elf trus siap2 lari klo dipanggil ama sopirnya wkwkwk... untung sopirnya ga nyadar klo kita udah kabur ...

Udah hampir jam 12 kita jalan kaki didaerah antah berantah tanpa tahu tujuan kita kemana, cman nanya2 orang aja arah yg bener buat ke Terminal Sendangkerta, dari sini kita baru nyadar kalo kita ditipu ama kernet bus madona. ternyata terminal sendangkerta masih jauh banget dari situ, tahu gitu kita jangan mau disuruh turun oper ke elf tadi ...
"Itulah mengapa saya benci Bus dan Sebagian besar transportasi umum di Indonesia, jarang ada yang bener".

Masih dalam keadaan berduka cita abis ditipu kernet bus n ketemu elf ga niat, akhirnya ada elf lain yang lewat dan bertuliskan "bunijaya" untungnya elf ini lumayan penuh juga jadi ga perlu ngetem lagi, kita langsung naik ga pake mikir lama, setelah ketawa ketiwi bisa melanjutkan perjalanan, akhirnya kita ketemu masalah baru lagi, tukang elf minta bayar Rp.30.000,- /orang buat sampe ke BuniJaya, kita yg udah ketipu bolak balik dari tadi pagi langsung pasang muka garang ... setelah ngotot cukup lama kita akhirnya minta turun aja, udah turun ni kernet masih aja minta bayaran Rp.5000,- /orang ... jujur aja saya sebel banget ama makhluk2 yg punya cara berpikir sempit kayak gini, klo semua angkot, bus elf dll model penipu kayak gini ya jangan salahkan Tuhan kalo mereka bakal kehilangan rejeki / penumpang. Akhirnya setelah kita ngotot ga mau bayar n suasana mulai rame, si kernet mau dibayar Rp.20.000,- /orang sampe di Bunijaya.

Elf ini ternyata bisa nampung penumpang sampe diatap mobilnya, rata2 anak SMP klo pulang sekolah naik ke atap elf ato gandhol (gantungan) di belakang elf sambil berdiri2... 2,5 jam kemudian kita akhirnya sampe juga diterminal Bunijaya, pemandangan alam sebelum masuk desa buni jaya keliatan asri n bagus banget, banyak sungai, sawah, ladang n kebun teh jadi adem liatnya, sayangnya siang itu awan udah mulai tebel n mendung jadi mulai muncul gerimis didesa Bunijaya.

Belum turun dari elf, udah banyak tukang ojek yg nawarin diri buat nganter ke curug malela, kita ga mau tertipu lagi untuk kesekian kalinya, akhirnya kita ke warung dulu nyari makan n nyari info, si tukang ojek ngikuuut aja terus sampe ke warung, kita diemin aja masih trauma ama muka2 penipu bertopeng senyuman yg udah kita temui seharian ini, nah pas selesai makan diwarung kita nanya ama ibu2 penjual warung biaya ojek ke malela berapa? sialnya pas si Ibu mau jawab eh si tukang ojek udah jawab duluan dari luar sambil masuk ke dalam warung, denger aja ni si Iblis, katanya biaya ojek buat ke malela Rp.100.000,- pulang pergi ... busyeeeeeet mahal bener ni ojek, naek kereta api dari sby-jkt PP aja cman 67.000. setelah tawar menawar akhirnya harga terakhir Rp.80.000,-

Sebenarnya kita punya duit segitu, tapi masalahnya waktu udah nunjukin jam setengah tiga siang, katanya perjalanan kesana sekitar 12 Km mungkin 1 jam PP jadi paling nggak sekitar jam 4 atau setengah lima baru kita nyampek lagi ke bunijaya, sedangkan perjalanan dari bunijaya ke sendang kerta aja 2 jam, berarti sampe ke sendangkerta bisa2 jam 6 sore, udah gelap cuy ... bahaya ... bisa2 kita kehabisan bus di sendangkerta. lagipula diluar tiba2 turun hujan deras ... jadinya kita makin males lanjutin perjalanan ke malela, udah ditipu abis2an selama perjalanan, ujan deres, kesorean nyampek di bunijaya, belum lagi mau ditipu ama tukang ojek, nggak deh, udah cukup penipuan kalian hari ini, kita balik aja pulang sebelum kesorean n sebelum ditipu lagi.

Oiya sebelum pulang kita dikasih tahu si tukang ojek klo harga bus Madona itu beneran cman Rp.7000,- lalu harga elf Bunijaya itu cuman Rp.10.000,- dari Bunijaya ke sendangkerta, ckckck berarti tadi minta Rp.30.000 itu udah 3x lipat harga aslinya cuy,,, bener2 keterlaluan deh ...

Pulangnya kita praktekan harga segitu dengan strategi naik elf dari depan rumah warga, trus ga boleh ketahuan bicara bahasa surabaya'an (bicaranya bisik2) trus langsung ngasih duit Rp.10.000 (tanpa ngasih tahu mau turun dimana) pas kernetnya nagih duit, klo kernet nanya baru bilang mo turun sendang kerta, nah ternyata waktu kita sampe terminal sendangkerta hari udah mulai gelap n udah ga ada bus lagi disana, kita akhirnya ga jadi turun coz kernetnya bilang mending turun dibawah aja ada terminal lagi di cililin bagian bawah, biasanya disitu masih ada sampe jam setengah 7 malem, untungnya kali ini ga pake ditipu, mereka ga minta tambahan duit, setelah turun diterminal cililin ini, kita akhirnya naik bus tujuan bandung (lewat leuwipanjang) untung masih sempet coz ini ternyata bus terakhir yg mau ke bandung. tarifnya juga sama aja Rp.8.000,-

Jujur aja saya masih penasaran ama curug Malela ini, lain kali saya masih pengen kesana, tapi ga tahu lagi apa mending bawa kendaraan sendiri ato tetep berurusan ama bus, elf, ojek serta penipu2nya. Sayang banget kalo kita punya Sumber daya alam yg indah tapi dirusak ama sumber daya manusia yg berpikiran sempit, coba aja kalo kita punya tempat wisata yg bagus kayak gitu trus didukung ama  orang2 yg baik, ramah, jujur, transportasi yg mudah, kondusif, dijamin deh tempat ini bakal rame ama wisatawan dari dalam sampe luar negeri. Amiiiiin ...

Berikut ini sedikit kutipan tulisan serta foto seputar curug malela yang saya jadikan referensi sebelum kesana dari agan di kaskus

MENGENAI CURUG MALELA

Curug Malela yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela, terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, mengalir melalui Sungai Cidadap – Gununghalu.

Curug Malela memang belum populer untuk saat ini, bahkan masyarakat bandung dan sekitarnya pun masih banyak yang belum kenal dengan si Niagara Mini ini. Namun, itu bisa dimaklumi, kurang populernya Curug Malela sebagai daerah wisata disebabkan karena daerah ini masih sangat sulit dijangkau, cukup terisolir dari dunia luar. Belum lagi dengan kondisi medan yang begitu berat membuat Curug Malela sulit dijadikan salah satu tujuan wisata keluarga. Namun, jika Anda hobi berpetualang akan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan menelusuri sebuah lembah yang ditutupi hutan berbukit-bukit, seakan-akan menelusuri surga yang tersembunyi. Begitu indah namun cukup sulit untuk dijangkau.

Menurut Ketua Pemuda Pariwisata Curug Malela, Unang Supardi: Keindahan Curug Malela ini tidak berdiri sendiri. Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun bertingkat sepanjang 1 kilometer. Urutannya adalah: Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pamengpeuk. Semua terletak di Desa Cicadas.
Setiap air terjun memiliki kekhasannya tersendiri. Curug Malela memiliki air terjun yang terpisah saat jatuh. Curug Katumiri pada pukul 8.00-9.00 bisa memperlihatkan pelangi di badan air terjun. Curug Ngeubul, air yang jatuh berkumpul (kebalikan dari Curug Malela) sehingga menimbulkan efek kabut dan suara yang menggelegar. Curug Manglid memiliki goa di belakang air terjunnya. Curug Sumpel memiliki daerah di bawah air terjun yang lebar. Curug Palisir mirip Curug Malela dengan ketinggian yang lebih rendah. Terakhir, Curug Pameungpeuk, yaitu muara air terjun antara Sungai Cidadap dan Cisoka yang terletak tidak jauh dari air terjunnya.

Akses Menuju Curug Malela

Akses menuju Curug Malela dengan kendaraan umum sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Kebanyakan yang datang memulai perjalanan dari kota Bandung, meskipun bisa juga melalui jalur Sukabumi atau Cianjur. Di bawah ini sedikit panduan untuk menuju lokasi (rute) Curug Malela:
  1. Dari terminal Ciroyom, Bandung: Naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya yang ditempuh dalam waktu sekitar 3 hingga 4 jam.
  2. Dari terminal Leuwi Panjang, Bandung: naik Bus Madona warna biru jurusan Cililin (Turun di terminal sindangkerta) Rp.8.000,- perjalanan sekitar 2,5 jam, dari terminal Sindangkerta lanjutkan dengan elf jurusan Bunijaya dengan harga Rp.10.000,- (hati2 banyak penipuan harga) perjalanan kurang lebih 3 jam,dari sini lanjut dengan ojek menuju air terjun malela Rp.80.000,- PP.
  3. Dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat: naik angkot jurusan Cimahi, turun di Cimareme dan lanjutkan naik angkot jurusan Cililin atau langsung saja dari Cimareme naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  4. Dari terminal Cileunyi, Kabupaten Bandung: Naik Bis Jurusan Cileunyi – Cililin kemudian dari Cililin lanjutkan dengan naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
Dari terminal Bunijaya, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Desa Cicadas atau jika Anda ingin mengirit pengeluaran atau yang suka berpetualang, silahkan berjalan kaki dengan jarak sekitar 12 km. Setelah itu lanjutkan perjalanan melintasi bukit-bukit, hutan dan sawah sekitar 3 hingga 4 km. Dan bagi yang belum tau lokasi, jangan khawatir sebab begitu tiba di Desa Cicadas, sudah ada warga setempat yang bersedia memandu Anda menuju ke lokasi air terjun.Dalam perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN VIII Montaya saat melewati Kecamatan Gununghalu – Rongga.

Sumber info tambahan dari:
Foto 2 :

Tag : Rute curug malela, rute menuju curug malela, cara menuju curug malela, bagaimana menuju curug malela, perjalanan menuju curug malela, transportasi umum ke curug malela, backpacker ke curug malela, seputar curug malela.

1. Whuaaa.. Tengkyu bro inponya, pengen kesana sendiri tapi ngga tau perkiraan budget'y brp, eh pas googling nemu ni blog, skali lagi tengkyu yahhh..btw jadi donk ke malela'y? Bareng2 aj ap y? HaHha! :))
    Cheers,

2. Gue belum ksana lagi bro, rncana ksana kapan? klo tips gue sih berangkatnya mending pagi2 banget. Soalnya klo pulangnya kesorean biasanya udah susah nyari bus ke arah kota. gue kmaren naik bus trakhir brangkat jam 6 sore dari terminal cililin soalnya di sendangkerta terminalnya udah kosong. Tapi lebih enak lagi klo brangkat rame2 bawa kndaraan sndiri :D

3. yuks bikin yg dr jakarta..pake kendaraan & rame2, takut juga kalo ngeteng sendiri, serem dipalaknya gila-gilaan

4. Iya setuju bro... bahaya klo mau ksana sendirian mending rame2. kalo mau ksana ajak ajak ya bro...

5. Balasan
    1. bagus tempatnya, termasuk surga tersembunyi di bandung.