Searching...
Selasa, 16 Desember 2014

Akses dan Perincian Biaya Menuju Gunung Bromo

Akses dan Perincian Biaya Menuju Gunung Bromo


Gunung Bromo


Mohon maaf sebelumnya, Blog nya belum lengkap.. Akan segera saya lengkapi ya..
Sementara ini segini dulu..


Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, Gunung Bromo terletak di Kota Malang Jawa Timur tepatnya berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung ini sangat populer baik di kalangan wisatawan Asing maupun mancanegara karena keindahannya, nama Bromo diambil dari bahasa Sansekerta 'Brahma' yaitu salah satu Dewa Utama dari umat Hindu.

  •     Akses menuju Gunung Bromo

Berbagai macam cara menuju ke Bromo dapat anda gunakan, secara praktis sobat traveller bisa menggunakan jasa Travel, atau sobat traveller dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman, sewa motor/mobil, maupun menggunakan transportasi umum menuju ke Gunung Bromo. Untuk jasa Travel, sobat traveller dapat langsung mencari di mesin pencari otomatis karena saya disini ingin membagi info mengenai transportasi umum dan jalur yang dilewati jika membawa kendaraan sendiri agar makin banyak turis lokal yang bisa datang ke tempat yang indah ini tanpa harus merogoh kocek banyak.


1. Jalur Surabaya - Bromo Menggunakan kendaraan pribadi (Motor) 

Jika berangkat dari Surabaya (Titik keberangkatan dari Taman Bungkul Surabaya). Ambil arah menuju ke selatan (Kota Sidoarjo). sekitar 5 menit dari situ, setelah melalui lampu merah anda akan bertemu Kebun Binatang Surabaya. Terus ikuti jalan utama, melalui jembatan dan melalui pasar wonokromo (Darmo Trade Centre) di kiri jalan, setelah itu akan ada fly over (hanya mobil yang diperbolehkan naik fly over). Terus saja ikuti jalan utama, karena jalan utama mengarah ke kota Sidoarjo, di sepanjang kiri jalan terdapat jalur kereta Api. Jika lancar, maka anda akan menemui KFC dan Univ Bhayangkara di kanan jalan setelah berkendara 5-10 menit dari jembatan wonokromo. Kemudian anda akan tiba di Bundaran Waru 5-10 menit dari Univ Bhayangkara.

Zoom in. Jalur menuju Bromo dari Surabaya


Zoom Out Jalur menuju Bromo dari Surabaya
 Dari Bundaran Waru penunjuk jalan masih mudah, ikuti terus jalur utama tidak perlu berbelok kemana-mana. akan sedikit ramai saat jalan dua arah mulai melebar menjadi satu arah dan terdapat Pom Bensin di kanan jalan, karena dijalur itu terdapat belokan ke kiri menuju ke Airport Juanda Surabaya. Anda tidak perlu berbelok ke kiri, terus ikuti jalur Utama menuju ke Sidoarjo.


Terus ke Sidoarjo hingga sobat traveller melalui Jembatan di jalur Utama, tetap ikuti jalur Utama tersebut, setelah beberapa lama kemudian sobat traveller akan melewati alun-alun kota Sidoarjo. Masih pada jalur utama sobat traveller terus saja melaju hingga jalanan mulai terlihat gersang dan terlihat pintu keluar tol di kanan jalan. daerah ini adalah Porong yang terkenal dengan lumpur Lapindo nya. Sobat traveller dapat melihat Lumpur Lapindo di kiri jalan.

Porong Lumpur Lapindo

Sampai sejauh ini jalan masih tetap saja lurus mengikuti jalur utama, di daerah porong ini seringkali macet terutama saat akhir pekan atau menjelang libur, karena ini satu2 nya akses menuju kota Malang dari Surabaya. Nah sesudah melewati jalur Porong ini, masih di jalur utama anda akan menemui jembatan. Setelah turun dari jembatan, anda akan melihat papan petunjuk arah "belok kiri ke Pasuruan-Bangil" dan lurus menuju ke "Malang Mojokerto". Disini Sobat traveller berbelok ke kiri ke arah Pasuruan-Bangil.

Belokan Akses menuju Bromo Via Pasuruan Bangil

Belokan ke kiri menuju Bromo via Pasuruan Bangil

Sesudah belokan ini, sobat traveller jalan terus aja menuju Pasuruan - Bangil. Jalur ini cukup Ramai dengan Truk2 bermuatan berat dan Bus.

Jalur Menuju Bromo via Pasuruan Bangil
Jika Sobat Traveller mengikuti petunjuk arahan dengan tepat maka sobat traveller akan memasuki Kota Bangil, dan sobat traveller masih terus melalui jalur Utama hingga mulai memasuki Pasuruan, disini sobat traveller perlu sedikit memperhatikan jalan, ikuti peta dibawah ini, jika sobat traveller menemui jembatan kecil dengan pinggiran tembok berwarna kuning maka sobat traveller perlu berbelok ke kanan ke arah polres Pasuruan kota, jangan malu bertanya saat kebingungan agar tidak nyasar dan keluar dari jalur.

Jalur Menuju Bromo via Pasuruan
Jalur Menuju Bromo via Pasuruan
Terus saja melaju hingga melewati monumen selamat datang di Kabupaten Probolinggo melewati Jalan Tongas dan berlanjut di Jalan raya Panglima Sudirman, di jalan raya Panglima Sudirman / Tongas ini sobat traveller belok ke kanan ke arah jalan raya Lumbang. Dari sini sobat traveller hanya perlu berjalan lurus aja menanjak hingga tiba di Gunung Bromo.

Jalur Surabaya - Bromo Menggunakan kendaraan pribadi (Mobil)

Untuk akses jalan menuju Bromo dengan menggunakan Mobil Pribadi, anda dapat mengikuti jalan yang sama dengan jalur motor, atau anda dapat mempersingkat waktu dengan melalui jalan Tol, berbelok di Bundaran Waru memasuki Tol dan ambil jalur menuju Malang hingga keluar di pintu keluar Tol di Porong, dan selanjutnya tinggal mengikuti arah yang sama dengan pengguna jalur motor.

Jalur Surabaya - Bromo Menggunakan kendaraan pribadi (Via Cemoro kandang - Tumpang)

Alternatif lain untuk menuju ke Bromo bisa juga melalui jalur desa Tumpang, namun saya lupa detilnya, yang pasti starting point nya masih sama, sobat traveller menuju ke Sidoarjo hingga melalui Porong, namun tidak perlu belok ke kiri ke arah Pasuruan Bangil, melainkan terus saja jalan lurus mengikuti jalan ke arah Gempol dan Lawang hingga tiba di Kota Malang. Sesudah melalui stasiun Blimbing di kiri jalan, sobat traveller berbelok ke kiri di jalan Adi Sucipto. Dari jalan Adi Sucipto, jalan terus melalui Jalan Wendit dan berbelok ke kanan melewati jalan Wijaya Kusuma hingga pertigaan dan berbelok ke kanan melewati jalan Madyopura dan kemudian belok ke kiri melewati jalan Cemoro Kandang. Dari Jalan Cemoro Kandang ini jalan tinggal lurus saja hingga tiba di Desa Tumpang. Dari Pasar Tumpang ini tanya saja warga sekitar pasar Tumpang, dimana jalur yang benar untuk menuju ke Gunung Bromo.

2. Akses Menuju Gunung Bromo menggunakan transportasi umum dari Surabaya

Ada dua jalur transportasi umum yang dapat digunakan untuk menuju ke Gunung Bromo,  lewat malang maupun lewat probolinggo, jalur yang paling sering dilalui yaitu jalur probolinggo via cemoro lawang.

Akses Angkutan Umum Menuju Gunung Bromo lewat jalur Probolinggo (Purbalingga)

Jika berangkat dari Surabaya, sobat traveller harus menuju ke Terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya terlebih dahulu. Jika sobat traveller berdomisili di luar pulau jawa / luar Jawa Timur, maka sesampainya di airport Juanda, sobat traveller dapat menggunakan bus Damri Airport untuk menuju ke terminal Bungurasih dengan tarif Rp.20.000. Dari Terminal Bungurasih pilih Bus yang menuju ke Kota Malang Terminal Arjosari Malang dengan kisaran tarif RP.15.000 sampai Rp.25.000 selama +/- 2 jam, jangan lupa untuk selalu mewaspadai penipuan di Terminal, hindari membeli tiket dari calo terminal.

Setelah tiba di terminal Arjosari, tujuan berikutnya yaitu Terminal Bayu Angga Probolinggo, sobat traveller dapat melanjutkan perjalanan dengan tarif Rp +/- 15.000 selama 2,5 jam. Sesudah tiba di terminal Probolinggo, lanjutkan dengan Elf (Mini Bus ukuran tanggung) menuju ke kawasan Cemoro Lawang dengan biaya Rp.25.000. Elf hanya tersedia hingga jam 2 siang, dan mulai beroperasi kembali jam 8 pagi keesokan hari nya, jadi jangan sampai sobat traveller terlambat. Oiya umumnya elf hanya baru mulai berangkat setelah penumpang penuh (sekitar 12 orang).
Dari terminal Arjosari Malang menuju Terminal Bayu Angga Probolinggo membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam berkendara dengan harga tiket Bis Rp 10.000 peroran.g


Dari Cemoro Lawang ini lokasi Gunung Bromo masih cukup jauh untuk berjalan kaki, kecuali sobat traveller suka trecking, pilihan transportasi disini yaitu Jeep / Hardtop dengan biaya Rp.350.000 (bisa ditawar)

Akses Angkutan Umum Menuju Gunung Bromo lewat jalur Malang (Desa Tumpang)

Jika berangkat dari Surabaya, sobat traveller harus menuju ke Terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya terlebih dahulu. Jika sobat traveller berdomisili di luar pulau jawa / luar Jawa Timur, maka sesampainya di airport Juanda, sobat traveller dapat menggunakan bus Damri Airport untuk menuju ke terminal Bungurasih dengan tarif Rp.20.000. Dari Terminal Bungurasih pilih Bus yang menuju ke Kota Malang Terminal Arjosari Malang dengan kisaran tarif RP.20.000 sampai Rp.30.000 selama +/- 2 jam, jangan lupa untuk selalu mewaspadai penipuan di Terminal, hindari membeli tiket dari calo terminal. Oiya jika ingin lewat jalur probolinggo (tidak perlu muter2 ke malang) maka bisa langsung naik bus patas surabaya - probolinggo seharga Rp.30.000.

Nah disini yang berbeda, Setelah tiba di terminal Arjosari, tujuan berikutnya yaitu Desa tumpang, sobat traveller dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum berwarna putih menuju ke pasar tumpang dengan biaya (Rp.4000 - Rp.5000) selama kurang lebih 1,5 jam. Setibanya di desa Tumpang, Sobat Traveller dapat menggunakan Jeep  atau HardTop dengan biaya sekitar Rp.750.000 / 6 orang  selama kurang lebih 3 jam dengan jalur menanjak. (kalau lewatnya jalur cemoro lawang probolinggo hardtop nya 650rb / 6 orang)



Penginapan Murah di Bromo

Selamat Berlibur Sobat Traveller




















Photos by : Alan Sarluv



Tag :  Akses Menuju Bromo, Akses menuju pasir berbisik, Bagaimana cara menuju Gunung Bromo, jalur motor menuju bromo, Upacara Kasada di Bromo, Sunrise di bromo, Akses menuju penanjakan Bromo, Penginapan murah di Bromo, Cara menuju penanjakan Bromo.

45 comments:

  1. Suatu saat ane bakal ke situ Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn ... Semoga lekas dikabulkan doanya..

      Hapus
    2. Kak mau tanya, Lebih mudah n murah mana lewat Probolinggo / malang?

      Hapus
  2. artikelnya sangat membantu bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke bromo
    ini saya share juga info seputar perjalanan wisata ke bromo bagi siapapun yang ingin berkunjung ke bromo agar dapat merencanakan perjalanan wisata anda dengan sebaik mungkin
    silahkan kunjungi http://viewbromo.com/
    terima kasih.

    BalasHapus
  3. Sangat membantu sekali infonya Mas...makasih ya...Rencana saya Agustus bulan depan mau ke sana pakai mobil pribadi dan kebetulan menginap di Malang. Kalo dari Malang, naik lewat Tumpang, tempat terakhir mobil pribadi masih bisa masuk sebelum pakai Jeep ada di titik mana ya? Dan saat ini biaya sewa jip nya berapa? Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari tumpang titik parkir mobil pribadi sebaiknya di pasar tumpang. dari situ bisa pakai Jeep harga bervariasi.. saya sendiri belum pernah nyoba Jeep dari tumpang tapi rasanya sekitar 350 - 450rb untuk ke Penanjakan & Bromo.

      Hapus
    2. Maaf, mobil pribadi yg dr arah Malang via Tumpang menuju ke Ranu pane/bromo memang distop/tidak diijinkan lewat atau masih diijinkan lewat sampai dengan pertigaan Jemplang (lokasi terakhir sebelum turun kepadang pasir)??
      Soalnya pengin nembus lgs keLumajang (kata temen sih 5 th yg lalu msh bisa mobil pribadi jalan terus) tp gak tahu lagi kl ada aturan baru, btw nais inpo Mas.

      Hapus
    3. Waduh untuk mobil pribadi yang menuju ke Bromo saya kurang tahu pasti pak, masih boleh lewat sampai pertigaan jemplang / udah ga boleh..
      tapi mungkin kalau telepon dan nanya langsung ke Kantor Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mereka bisa membantu ngasih Informasi. ini nomor telepon nya (0341) 491828

      Hapus
  4. Bang, sangat bagus info nya. Kalo secara individu gimana ya? Dri desa tumpang menuju bromo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara Individu itu maksudnya gimana yah ??

      Hapus
  5. Bang, sangat bagus info nya. Kalo secara individu gimana ya? Dri desa tumpang menuju bromo?

    BalasHapus
  6. Untuk hardtop updat saat ini lok dari kalur cemoro lawang probolinggo 650rb /6 orang
    Tapi lok dari jalur malang lbih mahal.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih pak bantuan info update an nya...

      Hapus
  7. bagus infonya..aku Sekarang otw dari dri arjosari.apakah bisa naik motor dari jamplang /? selain jeep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jamplang tuh mana ya ?? maap saya kurang tahu jalur jamplang..

      Hapus
  8. Di tambahin,itu ada artikelnya yg salah.klo dr surabaya naik bus /angkutan umum gak perlu lg k malang jauh alias muter.langsung dr terminal bungurasih pake bus surabaya probolinggo 30rb patas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh ada juga ya bus langsung kesana, wah makasih update an nya..
      maap bro belum pernah nyoba lewat jalur itu.. jadi belum update sampe ke sana hehehe

      Hapus
  9. Kalo ke surabayanya naik kereta dr jkt, lbh baik turun di stasiun apa ya? Pasar turi kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasar turi atau gubeng sama aja, soalnya sama aja jaraknya menuju ke bungurasih. kalo saya sih lebih prefer gubeng (pintu keluar gubeng lama) karena lebih deket ke jalan utama untuk naik bus patas ke bungurasih. (cukup sekali naik kalo ga salah)

      Hapus
    2. Info tambahan bila ingin turun di stasiun Gubeng cari kereta jalur selatan kalo mo turun di stasiun pasar turi cari kereta jalur utara ...kalo dari stasiun gubeng ada kereta lanjutan menuju Probolinggo baru ke Bromo lewat tongas

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Mas kalau saya sendirian aman kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sendirian kalo di bromo sih cukup aman karena warga di sana berusaha memberikan keamanan dan kenyamanan kepada turis lokal dan asing sebisa mungkin karena sumber pendapatan mereka dari turis, tapi selama perjalanan disana tidak ada jaminan aman, titik rawan nya itu di terminal dan di jalan menanjak (lupa nama jalannya) ke arah dataran tinggi gunung bromo

      Hapus
  12. Saya ada rencana kesana 2 minggu lagi. Tmn paling cm 3 orang.. aduh tegang jg nih klo ga ada yg tau medannya.. makasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak rika, maap baru sempat lihat blog.. tegang tapi justru itu jadi makin seru hehehe

      Hapus
  13. Mas mau tanya, Gunung Bromo itu sebenarnya ikut Lumajang atau Probolinggo ya? saya Sering mendapat informasi yang simpang siur soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk dua2nya, gn bromo berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

      Hapus
  14. wow, anak gunung ternyata si agan.. hehe, ane baru sekali naik gunung..
    btw, mampir di blog ane gan beteer

    BalasHapus
  15. Kalau dr arjosari ke desa tumpeng, naik apa ya kalo malam2 ?

    BalasHapus
  16. Kalo naik sepeda motor batas terakhir sampai dimana yaw? Trus jalan kaki berapa km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung posisi nya gan, kalo di penanjakan motor kayaknya bisa sampe penanjakan (tempat liat sunset / gunung bromo dari atas) turun ke bromo nya harus naik jeep, kalo jalan kaki bisa lama banget ber jam jam.

      Kalo dari bawah, batas antar parkiran ke bromo nya bisa naik kuda / jeep juga. kalo mau jalan mungkin sekitar 1 jam.

      Hapus
  17. Lek ladub ingeb liwat tumpang aman a sam alan

    BalasHapus
  18. terima kasih, infonya sangat bermanfaat sekali bagi yg mau ke bromo

    BalasHapus
  19. Jika sampai dsana ingin bermlm / mnginap apakah hrs booking penginapn terlebih dahulu atau disana sll tersedia ya mas

    BalasHapus
  20. Jika sampai dsana ingin bermlm / mnginap apakah hrs booking penginapn terlebih dahulu atau disana sll tersedia ya mas

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Kalo mau mnginap apakah hrs booking penginapan dlu atau sdh tersedia disana ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bukan di tanggal padat libur panjang / tahun baru sih langsung aja gan,
      banyak penginapan home stay kok disana.

      Saya sih belum pernah booking penginapan sejauh ini. maap telat balesnya nih

      Hapus
  23. Jalur alternatif lain, dari Lawang/Purwosari-nongkojajar, juga bagus buat yg naik motor.. jalannya sudah aspal muluss dan lebar sampai ke penanjakan/lautan pasir...jadi bisa sampai top speed,, hehehe,,, tapi pemandangannya nggak sebagus lewat jalur lain,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih info nya @tommy. saya update nanti

      Hapus
  24. semua kabupaten di sekitar brmo ada aksesnya masing masing. Tapi yang paling enak tetap rute probolinggo

    BalasHapus
  25. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    BalasHapus
  26. Sy ada rencana mau liburan ke bromo rute terbaik dari jkt...bawa kendaraan pribadi..yg terdekat dimna ya. Penginapan dan akses.nya

    BalasHapus
  27. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sukses bikin Apotik Tutup !

    Keindahan alamnya enggak ada obaaaaat !

    BalasHapus