Searching...
Minggu, 31 Agustus 2014

Akses Menuju Gili Trawangan

Gili Trawangan

Gili Trawangan berada di sebelah Barat laut Lombok. Selain Gili Trawangan terdapat Gili Meno dan Gili Air yang lokasinya berdekatan, namun kali ini saya pengen membahas tentang Gili Trawangan. Jika anda sedang berwisata atau berencana untuk datang ke lombok, pastikan Gili Trawangan masuk ke list destinasi anda. Bingung akses menuju ke surga tersembunyi ini ?? Kita punya informasinya.

•  Akses Menuju Gili Trawangan
   Ada berbagai macam cara menuju ke Gili Trawangan, bisa menggunakan jasa Travel, kendaraan pribadi, sewa motor/mobil, maupun transportasi umum. Untuk jasa Travel anda dapat mencari di mesin pencari otomatis karna saya disini ingin membagi info mengenai transportasi umum dan jalur yg dilewati jika membawa kendaraan sendiri agar makin banyak turis lokal yang bisa datang ke tempat yang indah ini tanpa harus repot2 menggunakan jasa travel.

1. Mataram - Gili Trawangan (Pelabuhan Bangsal) dengan kendaraan pribadi

Jika anda ingin ke Gili Trawangan maka kendaraan harus diparkir di Pelabuhan Bangsal (Pelabuhan untuk menuju ke Pulau Gili Trawangan dari Lombok), tidak perlu khawatir di Pelabuhan Bangsal banyak terdapat parkiran motor maupun mobil, bisa parkir inap atau sehari saja. Untuk parkiran motor biaya inapnya Rp.10.000/malam atau Rp.5.000 kalo ga nginep, nah kalo bawa nya Mobil biayanya kurang lebih Rp.25.000/malam.

Jika anda berangkat dari MM alias Mataram Mall di pusat kota Mataram (Jl Panca Usaha), berjalanlah terus menuju ke Barat ke arah jalan Catur Warga hingga melalui bagian belakang dari alun alun kota Mataram alias Taman Sangkareang di Jl Pramuka, sekitar 200 Meter dari Alun alun ini anda akan menemui lampu merah, jika lurus menuju ke jl Pendidikan, namun anda harus berbelok ke kanan menuju ke Jalan Udayana. Di sepanjang jalan Udayana ini nanti anda akan menemui banyak orang yang berjualan Sate Bulayak salah satu kuliner khas Lombok yaitu sate daging sapi yang disajikan dengan bulayak (lontong) dan dilumuri bumbu khas yang rasanya mirip kari dengan harga Rp.15.000/porsi. Jika anda pecinta kuliner maka wajib dicoba yang satu ini rasanya nikmat dan bikin ketagihan hehe.. Nah sesudah berjalan kurang lebih 15 menit maka anda akan menemui pertigaan Jl Adi Sucipto, tempat ini dulunya bekas Bandara Selaparang Lombok. Nah dari sini anda punya dua pilihan menuju ke Pelabuhan Bangsal, yaitu belok kanan melalui Jalur Hutan Phusuk (+/- 1,5 Jam) atau belok kiri melalui Jalur Pantai Senggigi (+/- 2,5Jam). Estimasi waktu diperkirakan jika anda mengendarai motor.

2 Porsi Sate Bulayak (15 tusuk + 5 Bulayak) = 15rb

Alun Alun kota Lombok (Taman Sangkareang)

Jalur Phusuk adalah jalur perbukitan, jalannya naik turun, menikung dan kadang sempit, motor bebek masih kuat menanjak untuk melalui jalur ini, bila anda adalah biker maka anda tentu akan sangat menyukai jalur ini. Setelah belok kanan dipertigaan Jl Adi Sucipto maka anda hanya perlu berjalan lurus hingga bertemu lampu merah dan belok kiri ke arah jalan Wahidin Sudiro Husodo, dari sini maka ikuti saja jalan utama maka anda akan sampai di daerah Phusuk. Tidak jauh setelah anda berbelok ke kiri dari perempatan Jl Adi Sucipto ini anda dapat mencoba mencicipi satu lagi kuliner khas Lombok yang terkenal dengan nama Sate Rembiga. Sate Rembiga adalah sate yang berbahan utama sapi yang sangat lezat. Rasanya perpaduan antara gurih, manis dan pedas, sate ini merupakan salah satu dari 10 menu kuliner yang harus anda cicipi selain Sate Bulayak, Plecing kangkung dan Ayam taliwang yang terdapat di Lombok.

Sate Rembiga (Don't judge the sate by its look hehe)
Photo by Chripstory.com

Jika anda memilih untuk melalui Jalur Phusuk, sempatkanlah untuk mampir membeli pisang atau buah buahan dipasar yang akan anda lewati ditengah jalan (Pasar Gunungsari) karena di Phusuk nanti anda pasti akan menemui monyet2 liar yang nongkrong di sepanjang jalan menanti uluran pisang dari anda hehe, anda bisa beristirahat sejenak dipinggir jalan tanpa dipungut biaya atau anda bisa beristirahat di warung yang ada beruga (sebutan untuk tempat berteduh dari kayu khas lombok) di tengah jalan. Jika anda telah tiba di Phusuk maka perjalanan anda sudah lebih dari setengah jalan untuk menuju ke pelabuhan Bangsal. Ikuti terus jalur utama yang tersedia maka anda akan mulai melalui jalur menurun dan mulai menemui pedesaan, tetap ikuti jalur utama sampai terdapat pertigaan yang ramai berbeloklah ke kiri melaju melalui jalan utama. tidak lama setelah itu anda akan menemui perempatan yang terdapat gapura pintu masuk pelabuhan Bangsal jika anda berjalan lurus. Melajulah terus sampai terlihat pantai diujung jalan, disitulah pelabuhan bangsal berada, dan silahkan parkir kendaraan anda di salah satu parkiran yang tersedia disana.

Pasar Gunungsari

Memasuki Kawasan Phusuk (ada monyetnya satu di atas Gapura)

Warung beruga di Phusuk

Sekarang jika anda memilih untuk melalui jalur Pantai Senggigi, jalur ini tidak kalah seru dengan jalur phusuk, cocok untuk touring biker karena jalurnya yang berkelok kelok dan menanjak meskipun ga menanjak tajam seperti di phusuk. Kalau di Phusuk anda bisa melihat monyet liar yang berada di sepanjang jalan, di jalur senggigi ini mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan indah pantai senggigi sepanjang perjalanan anda. Setelah belok kiri dari pertigaan jl Adi Sucipto anda tinggal mengikuti jalur utama saja sampai bertemu jalan bercabang sekitar 10 menit kemudian, ambillah jalur kanan. Lanjutkan perjalanan terus hingga anda bertemu pertigaan dengan lampu merah, disini beloklah ke kanan melalui jalan Saleh Sungkar menuju arah senggigi. Teruslah melaju di jalur utama ini dan anda akan mulai melihat pantai di sisi kiri jalan, setelah kurang lebih 15 menit maka anda akan melewati Pantai Senggigi. Ada banyak hotel dan resort serta tempat makan di pusat daerah wisata pantai senggigi yang akan anda lewati. Setelah itu jalan akan semakin sepi dan berliku.

Sunset saat di perjalanan menuju pantai senggigi

Pemandangan sepanjang jalur Senggigi

Tidak lama kemudian anda akan melewati daerah Bukit Malimbu, yaitu seperti semenanjung yang menjorok ke arah pantai di ketinggian, dari sini anda bisa beristirahat sebentar sambil menikmati pemandangan pantai senggigi secara keseluruhan. Setelah itu perjalanan bisa kembali dilanjutkan melalui jalur utama sekitar 45 sampai 60 menit menuju ke pelabuhan bangsal sambil menikmati pemandangan pemandangan luar biasa dari pesona pantai tanpa nama di sepanjang perjalanan anda. Lanjutkan perjalanan anda sampai pemandangan pantai berlalu dan anda bertemu perempatan yang ramai, beloklah ke kiri memasuki gapura menuju ke Pelabuhan bangsal.

2. Menuju Gili Trawangan menggunakan Transportasi Umum

Jika Anda memlih untuk menggunakan public transport untuk menuju ke Gili Trawangan maka tujuan anda adalah pelabuhan Bangsal, sama seperti jika anda membawa kendaraan sendiri karna Pelabuhan ini merupakan pelabuhan dimana kapal menuju ke gili trawangan diberangkatkan. Ada banyak pilihan untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal.

Jika anda berangkat dari Mataram

1. Anda bisa naik taksi sekitar Rp 150.000

2. Angkutan umum / engkel dari Terminal Mandalika Rp 10.000 turun di pemenang Lombok Utara kemudian lanjut jalan kaki sekitar 15 menit ke pelabuhan bangsal.

3. Angkutan umum / engkel yang sama juga dapat anda tunggu di perempatan pasar rembiga (sekitar 200 meter dari bekas bandara Selaparang). Jika anda kebingungan, bertanyalah pada orang sekitar sana jalur engkel yang menuju pelabuhan bangsal. Kemudian turun di Pemenang Lombok Utara (bertanyalah pada sopir engkel agar tidak kelewatan/bablas). Selanjutnya jalan kali sekitar 15 menit menuju pelabuhan bangsal atau jika anda malas berjalan kaki, naik saja cidomo dengan tarif sekitar Rp.5000 sampai Rp 10.000 /orang.

4. Naik Ojek sekitar Rp 50.000. Tergantung kelihaian anda untuk tawar menawar dengan tukang ojek.

Jika anda berangkat dari Bandara Internasional Lombok (BIL), maka rute akan sedikit berbeda

1. Kalau berangkat rame rame, anda bisa menggunakan jasa supir mobil charteran sekitar 300-500rb menuju ke pelabuhan dengan estimasi waktu tempuh +/- 3,5 jam

2. Kalau anda berangkat sendiri atau hanya beberapa orang saja, sangat disarankan menggunakan jasa Damri. Di lombok, hanya ada 2 rute Damri yaitu yang menuju ke Terminal Mandalika Rp 15.000, atau Damri yang menuju ke Senggigi pasar Seni Rp 25.000. Jika anda turun di terminal Mandalika, maka anda bisa melanjutkan dengan rute engkel yang sudah dijelaskan sebelumnya jika anda berangkat dari Mataram. Sedangkan jika anda turun di senggigi pasar seni anda bisa charter angkot punyanya pak Olki Rp 150.000 - Rp 200.000 untuk rute Senggigi - Bangsal seperti yang diceritakan sobat traveler mbak Teppy waktu dia ke Gili Trawangan. Pak Olki: +6281915988389.

Foto pak Olki diambil dr blognya Teppy

Sampai di pelabuhan Bangsal, Anda tinggal membeli tiket penyeberangan ke Gili Trawangan seharga Rp.15.000. Anda akan diberi karcis dan menunggu di pinggir pantai bersama yang lainnya, jangan malu bertanya kalo bingung yak. Waktu yang dibutuhkan untuk berangkat dari Bangsal ke Gili Trawangan sedkitar 1,5 sampai 2 Jam. Pastikan sebelum pukul 16.00 WITA Anda sudah sampai di Pelabuhan Bangsal karena kapal hanya beroperasi maksimal pukul 17.00 WITA dan kapal baru mulai berangkat kembali keesokan harinya pukul 08.00 WITA. Oiya jika anda berniat untuk hemat, maka perlu diketahui harga makanan di Gili Trawangan relatif mahal, mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 50.000, yang paling murah juga hanya makanan ringan dengan porsi hemat. Bawalah bekal makanan untuk dimakan di gili atau makanlah kenyang sebelum berangkat hehe.

Okey sobat traveler, kira2 begitulah akses menuju ke gili trawangan serta perkiraan rincian biaya untuk menuju ke Gili Trawangan baik dengan menggunakan kendaraan sendiri maupun transportasi umum. Ini saya kasih beberapa photo saat berada di Gili Trawangan, kalau mau tau cerita saya selama backpacker di gili trawangan silahkan mampir ke Surga di gili trawangan lombok

Note :

Untuk rute atau akses pulang dari gili trawangan menuju ke bandara Praya, sobat traveller bisa menggunakan Damri lagi, start nya dari pool Damri Sandubaya / terminal Bertais. tapi kalo udah malem, Damri nya udah ga beroperasi. Nah dari gili trawangan (pelabuhan bangsal) bisa jalan kaki sedikit ke jalan utama lalu naik engkel ke terminal Bertais. kalo ga ada engkel yang lewat bisa juga naik ojek / taxi. dan kalau mau praktis ada rent car yang nganter sampai ke Bandara, bisa dipesan di pelabuhan bangsal maupun dipesan di gili trawangan.

Selamat berlibur...

Photos By Alvian Berto & Alan Sarluv

Tag : Akses gili trawangan, akses menuju gili trawangan, rute menuju gili trawangan, cara menuju gili trawangan, bagaimana menuju gili trawangan, perjalanan menuju gili trawangan, transportasi umum ke gili trawangan, backpacker ke gili trawangan, seputar gili trawangan, penginapan gili trawangan.

1. Balasan
    1. gampang kok akses nya.. yang penting kita banyak nanya2 aja.. orang lombok ramah2 asalkan kita nanya nya sopan hehe..

2. om..
    kira kira budget brapa? biar ada gambaran hanya untuk transport dan biaya makan,,, transport menggunakan pesawat jakarta lombok
    terimakasih om :)

3. Kalo pesawat JKT-Lombok standardnya 500rban jadi PP tiketnya 1jt,
    biaya makan ya tergantung mau makan dimana bro, warteg style apa yang high class hehe..
    BTW makasih sarannya bro, nanti ane coba bikin perkiraan total budget untuk keseluruhan biaya yah...

Balasan
    1. om, saya kan dari rinjani, turun dari sana start dari senaru naik apa ya? biaya nya berpa? kendaraan dan waktu tempuh bangsal - bandara ? mohon info nya om.

Hapus
    2. waduh maap nih bro, ane dulu pas ke senaru naik motor jadi kagak tau jalur angkutan umumnya, coba agan tanya penduduk setempat kalo mau ke pelabuhan bangsal naik apa ?? kalo gak ada, coba tanya angkutan ke terminal Mandalika, nanti dari mandalika baru naik engkel yang ke bangsal. kalo dulu naik motor bangsal-senaru sekitar 3 jam gan, karena jalanan gak macet jadi lempeng aja. jalannya juga cuma lurus2 aja kalo agan perhatiin GPS.

4. Halo kak, kalau dari pelabuhan bangsal ke mataram, kira2 ada angkutan umum 24 jam nggak? Terima kasih.

5. kalo yang 24 jam sih gak ada deh selain taxi, karena di lombok biasanya jam 8 malem udah sepi angkutan umumnya..

6. Damri yang dari bandara lombok ke pelabuhan bangsal terakhir jam berapa ya ?

Balasan
    1. Sesuai penerbangan terakhir bro, biasanya jam 7 malam udah mulai jarang ada Damri ke Bertais / pasar senggigi..

Hapus
  7. Bang kalo rute balik dr gili ke bandara lg gmn tuh?

Balasan
    1. Untuk rute pulang dari gili trawangan menuju ke bandara Praya, agan bisa menggunakan Damri lagi, start nya dari pool Damri Sandubaya / terminal Bertais. tapi kalo udah malem, Damri nya udah ga beroperasi. Nah dari gili trawangan (pelabuhan bangsal) bisa jalan kaki sedikit ke jalan utama lalu naik engkel ke terminal Bertais. kalo ga ada engkel yang lewat bisa juga naik ojek / taxi. dan kalau mau praktis ada rent car yang nganter sampai ke Bandara, bisa dipesan di pelabuhan bangsal maupun dipesan di gili trawangan.

Hapus
    2. Mas terima kasih sekali ya infonya �� saya google2 nemunya dari mataram ke gili terus, yang sebaliknya ga ada xD hahah

3. sama2, semoga perjalanannya lancar sobat traveller..

8. Mas, itu estimasi engkel dari terminal mandalika brp jam?

Balasan
    1. engkel dari terminal manadalika ke pelabuhan bangsal kurang lebih 2 jam.. ini kalo engkel nya ga hobby ngetem dijalan yah..

Hapus
  9. Bang mau tanya .jumlah ongkos yg di atas masih tetap sama bayaran'ya sampai sekarang?

Balasan
    1. itu saya belum bisa pastikan, karena belum pernnah balik ke lombok lagi.. mungkin teman2 disini ada yang tahu perincian harga terbaru ??

Hapus
  10. Admin saya mau ke lombok melewati bali. Nah dari bandara ngurah rai jam 6. Mungkin sampai pelabuhan padang bai jam 8. Pasti sampai pelabuhan lembar jam 1 pagi, nah yg saya mau tanya kira kira tempat sewa motor mana yg bisa menyewakan ke lombok. Dan kalau saya naik motor jam 1 malam ke mataram, berbahaya atau tidak yah? Takutnya di lombok banyak orang jahat karna masih sepi beda dg bali yg sudah ramai

Balasan
    1. wah maap sebulan ini baru sempat cek blog, sebenarnya sih masih bisa dibilang aman tapi dimana aja di Indonesia sebaiknya jangan melakukan perjalanan malam didaerah yang masih asing apalagi naik motor dan perempuan. Nah kalo persewaan motor di daerah lembar saya juga kurang tahu.. mungkin bisa browsing2 nanti minta motornya dianterin di lokasi aja. salah satu alternatif lain mungkin bisa pake pesawat, kalo harga oke bisa dapet 200rban aman dan hemat waktu serta hemat biaya daripada sewa penginapan di lembar.

Hapus
  11. Terimakasih infonya gan...
    Ane skr posisi lagi di fery menuju pelabuhan lembar dari pototano. Kesana kemari nanya mbah google akhirnya dpt ini, jelas bgt penjelasaN transportnya.. Rencana ntr turun diterminal mandalika, semoga pagi2 ada angkutan ke jl. Pemenang.. Wait me gili trawangan..

Balasan
    1. selamat berlibur gan, semoga semua berjalan lancar.. senang bisa membantu sobat traveller untuk akses keliling Indonesia. baru mantau blog lagi nih.. kemarin sempet ga online blog sebulan..

Hapus
  12. Halo min, mau tanya kalau dari terminal mandalika ke lembar aksesnya naik apa ya? Terutama dengan angkutan umun atau engkel. Terimakasih

Balasan
    1. wah untuk ke lembar dari mandalika saya kurang tahu gan, tapi harusnya sih ada transportasi yg menuju ke lembar, karena terminal mandalika merupakan terminal yg cukup besar dan padat. asal ga nyari angkutan sore2 diatas jam 4 sampe dini hari.. jam segitu mandalika udah mulai sepi

Hapus
  13. Gan, klo rental mobil dari bangsal ke bandara berapa hargany?

14. Gan, klo rental mobil dari bangsal ke bandara berapa hargany?

Balasan
    1. kalo rental mobil bayarannya harian / 12 jam.. saya kurang tau juga perkiraan biayanya

2. ada info tarif buat BUDGET TRAVELERS updated 2017 gan. klik my id aja... 👍

3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

15. Untuk harga tiket dan transport terbaru tahun 2016 bisa cek disini http://www.lomboksociety.web.id/2016/09/transportasi-dari-bandara-internasional.html

16. Untuk rental mobil lihat list dibawah ini :
    Bandara ke bangsal 300.000, seharga taksi maks. 4 org
    Bandara ke senggigi 250.000 maks 4 org
    Bandara ke mataram 200.000 maks 4 org
    Speedboat dari teluk nare ke trawangan 300.000, maks. 4 org
    Cek harga di www.lomboksociety.web.id dijamin murah saya

17. Mantap min nuhun infonya min...
    Mantap juga lombok society infonya...

18. Mantap min nuhun infonya min...

19. Kalo dari mataram ke bangsal naek taxi kira kira berapa?

20. Motor aman gak ya bang? Brgkt pagi dr mataram ke gili balik sore bisa gak ya? Nuwun

21. keren-keren pasir putihnya bersih, air lautnya juga biru.