Searching...
Jumat, 29 Agustus 2014

Bagaimana menuju Pulau sempu akses dan rincian biayanya

Pulau Sempu



          Pulau Sempu merupakan cagar alam Indonesia yang terletak di selatan kota Malang Jawa Timur, berbatasan dengan selat sempu (Sendang Biru). Banyak orang yang pernah ke Phi Phi island di Thailand (lokasi syuting film The Beach) berkata bahwa lebih indah pulau Sempu daripada Phi Phi, hanya saja fasilitas dan akses menuju pulau Sempu masih terlalu minim.


  • Akses menuju Sempu

Berdasarkan Catatan Perjalanan pada tanggal 16 Oktober 2010

1. Akses menuju Pulau Sempu dengan transportasi umum

Untuk menuju pulau sempu dengan menggunakan transportasi umum, rute perjalanan akan saya jelaskan dari kota Surabaya (Ibu Kota Jawa Timur). jadi bagi anda yang berada di Jakarta, Bandung, atau luar pulau, silahkan menuju Surabaya terlebih dahulu hehe. Perjalanan dimulai dari Terminal Bungurasih Surabaya, dari Surabaya perjalanan menuju Malang dapat ditempuh dalam waktu +/- 2 jam dengan menggunakan Bus antar Kota (Surabaya-Malang) ke Terminal Arjosari Malang dengan harga Rp.10.000,- untuk non Ac dan Rp.15.000,- untuk bus ber AC.

Sampai diterminal Arjosari, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menaiki angkutan (Bemo) menuju terminal gadang dengan kode AMG atau AG (+/- Rp.4000,-). dari terminal gadang dilanjut dengan bis menuju Turen (+/- Rp.15.000,-). dari Turen, naik lagi angkutan menuju Sendang Biru.



2. Rute menuju pulau sempu dengan kendaraan pribadi

Dengan menggunakan kendaraan pribadi anda akan banyak menghemat waktu tempuh menuju ke pulau sempu karena tidak perlu menunggu angkutan umum dan transit di beberapa titik jika menggunakan angkutan umum. Biaya yang dikeluarkan pun lebih murah karena hanya perlu mengeluarkan biaya bensin, kecuali jika anda menyewa motor atau mobil hehe.

Jika anda berangkat Dari Surabaya maka anda harus menuju ke Porong (Lumpur Lapindo) melalui Sidoarjo, dilanjut melewati Pandaan, Purwosari, kemudian anda akan melalui Kebun Raya Purwodadi, setelah itu  anda akan melalui kota Lawang, Singosari dan tiba di Kota Malang. Di kota Malang ini anda harus menuju ke Gadang, dari Gadang jalan terus aja dan beloklah ke kiri melewati Pabrik Gula Krebet, kemudian ikuti papan petunjuk jalan menuju ke arah sendang biru, akan ada papan petunjuk jalan yang memudahkan perjalanan anda, sampai di pabrik Pindad beloklah ke kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju sendang biru hingga tiba di Turen. Dari Turen lurus saja mengikuti jalan yang menanjak menikung dan berliku2 melalui daerah perbukitan kurang lebih 30 Km di sumbermanjing, setelah keluar dari jalan perbukitan dan memasuki daerah pedesaan sumbermanjing maka anda akan masuk lagi ke daerah perbukitan sepanjang kurang lebih 14 Km dan tiba di pantai Sendang biru.

Pantai Sendang Biru
 
Sampai di Sendang Biru cari pos perijinan menuju pulau Sempu, tanya ke warga sekitar aja, bagi yang bawa kendaraan pribadi juga bisa parkir di pos perijinan dengan biaya parkir per malam +/- Rp.5000 dan biaya menginap cagar alam Sendang biru +/- Rp.20.000/orang. Setelah mendapat ijin dari pos perijinan, tinggal jalan sedikit menuju pantai dan menyewa perahu untuk menuju ke pulau sempu di seberang Sendang Biru.  Biaya sewa perahu Rp.100.000 pulang pergi. (agar murah berangkatlah bersama rombongan yang ramai / ikut rombongan lain agar perahu penuh karena tarifnya bukan per kepala namun per keberangkatan) Nah jangan lupa untuk meminta nomer Handphone tukang perahunya, karena nanti ketika anda ingin pulang anda harus menelpon perahunya agar dijemput kembali.


  Dermaga Sendang Biru

              Nah dari sini tinggal jalan saja megikuti jalur menuju Segara Anakan. melewati hutan, perjalanan memakan waktu +/- 2 jam.

 Perjalanan setelah turun dari perahu menuju Segara Anakan

Reminder         : jika menginap perlu dibawa : Air secukupnya, botol dan sumbu kompor buat oblik /
                        obor mini, jas hujan, Handphone (sinyal HP hanya ada di pinggiran pulau sempuh,
                        ditengah akan susah mendapat sinyal).
                         
Total perkiraan  Biaya       :
  1. Transportasi PP naik angkutan umum = Rp.50.000,-
  2. Perijinan = Rp.20.000,-
  3. Bahan makan = +/- Rp40.000,-
  4. Biaya tak terduga = Rp.40.000,-
  5. Total Keseluruhan = Rp.150.000,-





Foto  Segara Anakan


 

Foto Pantai Sempu


Tempat perahu berlabuh di pulau Sempu




Photo By Andre Setiawan

Have a nice trip
Semoga catatan ini Bermanfaat

Tag : Rute pulau sempu, rute menuju pulau sempu, cara menuju pulau sempu, bagaimana menuju pulau sempu, perjalanan menuju pulau sempu, transportasi umum ke pulau sempu, backpacker ke pulau sempu, seputar pulau sempu.

13 comments:

  1. Pulau Sempu ...Sungguh Sangat Indah.....Buat Temen Temen Semua ...Sempatkan Kesana Ya...

    BalasHapus
  2. Emang bagus tempat ini bro
    gue udah pernah kesini dulu tapi gak nginep,
    semoga ada kesempatan untuk kemping disini next trip...

    BalasHapus
  3. untuk buat perijnan apa aja persyaratannya bang? ktp trus ada lagi?

    BalasHapus
  4. Maap ya baru baca komment disini, untuk perijinan waktu saya kesana sih yang paling penting KTP sama duit, kayaknya orang yg jaga waktu itu lebih santai asal kita bayar biaya masuknya..

    makasih pak Agung udah sempatin mampir dan comment :))

    BalasHapus
  5. mari lestarikan cagar alam di Indonesia. pulau sempu merupakan salah satu destinasi yang indah. tapi denger denger pulaunya sudah mulai kotor banyak sampah ya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pak, dulu pas di sempu mulai banyak sampah, 3 hari saya disana kerjanya nanam & bakar sampah tiap siang.. sekarang banyak temen2 yg kesana bilang sampahnya makin menumpuk..

      kalau kita gak pengen ikut membersihkan / merawat alam, setidaknya mari kita berpartisipasi untuk tidak mengotori alam kita..

      Hapus
  6. Mantab. Pulau sempu banyak pemandangan yang menarik dan indah indah. Salam kenal dari Rental Mobil Malang Simpati 0821 41555 123

    BalasHapus
  7. Masih bagus kayak dulu ngga yah sekarng itu pulaumya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lama saya enggak kesini, semoga sampahnya sudah makin berkurang dan makin bersih

      Hapus
  8. Bang mau tanya, apa perlu booking dulu untuk disana nya? Apa cuma langsung kesana dan urus perijinan.
    Oiya, ada kabar burung klo sempu ditutup, benar kah? Makasih

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Thankyou bang blogg nya jelas banget, kerenn๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus